Halaman

Sabtu, 19 Oktober 2013

Proses Device

Proses device dan fungsinya
PROSES DEVICE DAN FUNGSINYA Perangkat Masukan (Input Devices) Perangkat masukan merupakan perangkat yang memberikan sinyal masukan kepada sistem komputer. Sinyal input adalah segala sinyal yang akan diolah oleh sistem komputer. Contoh : mouse, keyboard, joystick, scanner, microphone, dan lain-lain.Perangkat Pemrosesan (Process Devices) CPU Perangkat pemrosesan merupakan pusat pengolahan dan pengontrolan segala pemrosesan data. Peralatan pemrosesan terdiri dari Control Unit (CU), Arithmatic Logic Unit (ALU) dan Memory Control Unit CU bertugas untuk menerjemahkan perintah atau instruksi secara berurutan yang kemudian diteruskan ke seluruh bagian komputer. Bagian ini merupakan kerja processor yang mengendalikan seluruh kerja komputer Arithmatic Logic Unit Berfungsi untuk memproses data melalui perhitungan penambahan & pengurangan, perbandingan serta logika Memory Memory adalah penampung atau penyimpan data pada proses aplikasi program yang dimasukkan ke komputer. Besarnya kapsitas memori dinyatakan dalam satuan Byte, KByte, Mbyte, Gbyte. Memori internal : ROM & RAM. ROM (read only memory) Merupakan memori yang bersifat permanen, yang dapat dibaca tapi tidak dapat diperbaharui. ROM berfungsi untuk menyimpan program operasi komputer : BIOS & booting RAM Merupakan memori yang bersifat sementara, jika komputer mati maka data atau program yang telah tersimpan akan hilang.Perangkat Penyimpanan (Storage Devices) Peralatan penyimpanan adalah perangkat yang digunakan untuk menyimpan data, informasi instruksi, maupun program. Contoh peralatan penyimpanan : harrdisk, flashdisk, disketPerangkat Keluaran (Output Devices)
      STORAGE DEVICE DAN FUNGSINYA
Pengertian Storage deviceStorage devices pada sistem komputer adalah kata lain dari secondary storage. Fungsinya untukmenyimpan data dan sistem operasi.Contoh:* Hard DiscHard disk merupakan salah satu media penyimpan data pada komputer yang terdiri darikumpulan piringan magnetis yang keras dan berputar, serta komponen-komponen elektroniklainnya. Hard disk menggunakan piringan datar yang disebut dengan platter, yang pada keduasisinya dilapisi dengan suatu material yang dirancang agar bisa menyimpan informasi secaramagnetis. Platter-platter tersebut disusun dengan melubangi tengahnya dan disusun pada suatuspindle. Platter berputar dengan kecepatan yang sangat tinggi yang dikendalikan oleh spindlemotor yang terhubung pada spindle. Alat elektromagnetik baca tulis khusus yang bernama headterpasang pada slider dan digunakan untuk menyimpan informasi ke dalam piringan ataumembacanya. Slider terpasang di atas arm, yang kesemuanya terhubung secara mekanis padasuatu kumpulan tunggal dan tersambung pada permukaan piringan melalui suatu alat yangdisebut dengan actuator. Selain itu ada juga logic board mengatur aktifitas komponen-komponenlain dan berkomunikasi dengan PC.Setiap permukaan pada satu platter bisa menampung sekitar sepuluh milyar bit data yangdiorganisasikan pada suatu “potongan” yang lebih besar dengan alasan kemudahan, danmemungkinkan pengaksesan informasi dengan lebih mudah dan cepat. Setiap platter memilikidua head, satu di atas dan satu lagi di bawah, sehingga hard disk dengan dua platter memilikiempat permukaan dan empat head. Setiap platter menyimpan informasi dalam lingkaran-lingkaran yang disebut.
dengan track. Kemudian tiap track “dipotong-potong” lagi menjadibeberapa bagian yang disebut dengan sector, yang mana masing-masing sector menampunginformasi sebesar 512 bytes.Seluruh hard disk harus dibuat dengan tingkat presisi yang sangat tinggi karena komponen-komponennya berukuran sangat kecil. Bagian terpenting dari hard disk harus ditempatkan padasuatu tempat yang tidak bisa dimasuki udara untuk memastikan tidak ada benda asing yangmasuk dan menempel pada permukaan platter yang bisa menyebabkan kerusakan head.* Floppy DiscFloppy Disk Drive yaitu suatu perangkat yang ada di dalam komputer sebagai asesoris danpelengkap yang dapat menyimpan data di dalam disket dengan kapasitas rendah. Selain dapatmenyimpan data didalam disket floppy disk juga dapat untuk booting computer, di dalamcomputer terdapat maximal dua floppy disk yaitu flopy “A” dan flopy “B” tetapi biasanya yangterpasang hanya flopy “A “ saja karena kegunaannya sangatlah terbatas.* Flash DiscUSB flash drive adalah alat penyimpanan data memori flash tipe NAND yang memiliki alatpenghubung USB yang terintegrasi. Flash drive ini biasanya berukuran kecil, ringan, serta bisadibaca dan ditulisi dengan mudah. Per November 2006, kapasitas yang tersedia untuk USB flashdrive ada dari 128 megabyte sampai 64 gigabyte.USB flash drive memiliki banyak kelebihan dibandingkan alat penyimpanan data lainnya,khususnya disket atau cakram padat. Alat ini lebih cepat, kecil, dengan kapasitas lebih besar,serta lebih dapat diandalkan (karena tidak memiliki bagian yang bergerak) daripada disket.* Compact Disc (CD ROM)CD-ROM (singkatan dari Compact Disc – Read Only Memory) adalah sebuah piringan kompakdari jenis piringan optik (optical disc) yang dapat menyimpan data. Ukuran data yang dapat disimpan saat ini bisa mencapai 700MB atau 700 juta bita.CD-ROM bersifat read only (hanyadapat dibaca, dan tidak dapat ditulisi). Untuk dapat membaca isi CD-ROM, alat utama yangdiperlukan adalah CD Drive. Perkembangan CD-ROM terkini memungkinkan CD dapat ditulisiberulang kali (Re Write / RW) yang lebih dikenal dengan nama CD-RW.* SD CardSD High-Capacity (SDHC) kartu menyediakan lebih banyak daya penyimpanan yang dapatdilepas daripada sebelumnya. With a capacity range starting at 4GB and going up to
32GB,developers have the choice to specify three data-writing speeds at guaranteed minimum datatransfer rates. Dengan rentang kapasitas mulai dari 4GB dan pergi hingga 32GB, pengembangmemiliki tiga pilihan untuk menentukan kecepatan penulisan data di dijamin minimal kecepatantransfer data.The SD Association has established a new specification rating for the minimum data transfer forstandard and high-capacity cards, as well as both types of host products. Asosiasi SD telahmenetapkan spesifikasi baru rating untuk transfer data minimum untuk standar dan kartuberkapasitas tinggi, serta tuan rumah kedua jenis produk. With the new Speed Classspecifications, the host product can check the fragmented state in the card and calculate the writespeed in each part of the card. The host can then determine where to write the data according toits speed requirement. The three SDHC speed classes – Class 2, Class 4 and Class 6 – transferdata at least 2, 4 and 6MB per second. Dengan spesifikasi Kelas Panggilan baru, produk tuanrumah dapat memeriksa negara terpecah dalam kartu dan menghitung kecepatan tulis pada setiapbagian dari kartu. Tuan rumah kemudian dapat menentukan tempat untuk menulis data kecepatansesuai dengan kebutuhan. Tiga kecepatan SDHC Kelas – Kelas 2, Kelas 4 dan Kelas 6 –mentransfer data sekurang-kurangnya 2, 4 dan 6MB per detik.Output yang dihasilkan dari pengolahan data dapat digolongkan ke dalam empat macam bentuk sebagaiberikut.TulisanImageSuaraBentuk yang dapat dibaca oleh mesin (machine-readable form).Tiga golongan pertama merupakan output yang digunakan langsung oleh manusia Unit keluaran antaralain terdiri atas: monitor, printer, plotter, dan speakera.MonitorMonitor merupakan unit keluaran yang memberikan informasi kepada pengguna komputer. Tipe-tipemonitor yang sudah dikenal adalah.(1) CGA (Color Graphic Adapter) Tipe monitor standar IBM yang mempunyai kualitas resolusi rendah.Monitor ini hanya mampu menampilkan 4 warna dalam mode grafis.(2) EGA (Enhanced Graphic Adapter) EGA merupakan tipe monitor yang tingkatannya di atas CGA.Monitor ini mampu menampilkan 16 warna dalam mode grafis.(3) EPGA (Enchanced Professional Graphic Adapter) Monitor ini mampu menampilkan 256 warna padamode grafis. Monitor ini disebut juga sebagai monitor PEGA atau PGA(4).


Tidak ada komentar:

Posting Komentar